Kontak Kami

KONTAK KAMI : Telpon : 02126071413 Hp/WhatsApp : 081212269831 Perwakilan Jakarta : Gedung LTC Glodok Lantai 1 Blok B25 No.5 Jl.Hayam Wuruk No.127 Jakarta , Indonesia

Kamis, 14 Februari 2019

IP Rating (Tingkat Ketahanan Alat Terhadap Lingkungan)

IP CodeIP Rating (Tingkat Ketahanan Alat Terhadap Lingkungan)

Kode IP atau International Protection Rating, sering juga diinterpretasikan sebagai Ingress Protection Ratingterdiri dari huruf IP diikuti oleh dua digit dan huruftambahanSebagaimana didefinisikan dalam standarinternasional IEC 60529itu mengklasifikasikan derajatperlindungan yang diberikan terhadap intrusi benda padat(termasuk bagian tubuh seperti tangan dan jari), debukontak tidak disengajadan air pada yang mengandunglistrikStandar ini bertujuan untuk memberikan penggunainformasi lebih rinci dari segi pemasaran yang tidak jelas seperti tahan air.
Angka (angka karakteristikmenunjukkan kesesuaian dengan kondisi yang dirangkum dalam tabel di bawah iniSebagai contoh, sebuah soket listrik dinilai IP22 berarti dilindungi terhadap penyisipan jari dantidak akan rusak atau menjadi tidak aman selama tes tertentu di mana ia terkena air secara vertikal atau hampir vertikal menetesIP22 atau 2X adalah persyaratan minimum yang khas untuk desain aksesoris listrik untuk penggunaan dalam ruangan.
*Penjelasan huruf IP dijelaskandalam standar IEC 60529 (Ed. 2.1), Ayat 4.1

Contoh IP Rating

IP68
Digit pertama: SolidsDigit kedua: Liquids

Digit Pertama: Solids ( ketahanan terhadap benda padat )

Angka pertama menunjukkan tingkat perlindungan yang kandang menyediakan terhadap akses ke bagianberbahaya (misalnya, konduktor listrik, bagian yang bergerak) dan masuknya benda asing padat.
LevelObject size protected againstEffective against
0Not protectedTidak ada perlindungan terhadap kontak dan masuknya benda
1>50mmSetiap permukaan besar tubuhseperti punggung tangan, tapi tidak ada perlindungan terhadap kontak yang disengaja dengan bagian tubuh.
2>12.5mmJari atau benda serupa
3>2.5mmTools, kabel tebal, dll
4>1mmKebanyakan kabelsekrup, dll
5Dust ProtectedMasuknya debu tidak sepenuhnya dicegah, tapi jangan masukdalam jumlah yang cukup untuk mengganggu kenyamanan pengoperasian peralatan; perlindungan lengkap terhadap kontak.
6Dust TightTidak ada masuknya debuperlindungan lengkap terhadap kontak.

Digit Kedua : Liquids ( perlindungan terhadap kontak dengan bahan cair)

Perlindungan peralatan di dalam casing terhadap bahaya masuknya air.
LevelObject size protected againstEffective against
0Not protected
1Dripping watterAir menetes (tetesan vertikal) tidak akan memiliki efek berbahaya.
2Dripping water when tilted up to 15°Tetesan air vertikal tidak akan memiliki efek berbahaya bila alat dimiringkan dengan sudut hingga 15 ° dari posisi normal.
3Spraying waterAir yang jatuh sebagai semprotan di setiap sudut hingga 60 ° darivertikal tidak akan memiliki efek yang merugikan.
4Splashing waterPercikan air terhadap alat dari segala arah tidak akan memiliki efek yang merugikan.
5Water jetsAir diproyeksikan oleh nozzle (6.3mm) terhadap alat dari segala arah tidak akan memiliki efek berbahaya.
6Powerful water jetsAir diproyeksikan dalam jet kuat (nozzle 12.5mm) terhadap alat dari segala arah tidak akan memiliki efek berbahaya.
7Immersion up to 1mMasuknya air dalam jumlah yang berbahaya tidak akan mungkin ketika alat direndam dalam air dalam kondisi tekanan yang ditentukan dan waktu (sampai 1 m dari perendaman).
8Immersion beyond 1mPeralatan ini cocok untuk perendaman terus menerus dalam air di bawah kondisi yang harus ditetapkan oleh pabrikan. Biasanya, iniakan berarti bahwa peralatan yang tertutup rapat. Namun, denganbeberapa jenis peralatan, itu dapat berarti bahwa air bisa masuktetapi hanya dalam sedemikian rupa sehingga tidak menghasilkanefek berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar