Kontak Kami

KONTAK KAMI : Telpon : 02126071413 Hp/WhatsApp : 081212269831 Perwakilan Jakarta : Gedung LTC Glodok Lantai 1 Blok B25 No.5 Jl.Hayam Wuruk No.127 Jakarta , Indonesia

Selasa, 11 Juni 2019

APLIKASI PENGGUNAAN PLC OMRON

Programmable Logic Controllers atau PLC, adalah sebuah komponen elektronik yang bekerja dengan logika internal berdasarkan program yang dibuat oleh pengguna. PLC dilengkapi dengan masukan dan keluaran digital dengan koneksi dan level sinyal yang standar sehingga dapat langsung dihubungkan dengan berbagai macam perangkat seperti saklar, lampu, relay, ataupun berbagai macam sensor dan aktuator. Seperti hal nya sebuah komputer, PLC didesain untuk dioperasikan di lingkungan industri untuk mengontrol dan mengoperasikan perlengkapan dan mesin proses manufaktur.
Akan tetapi, seiring berkembanya dunia industri otomasi membuat PLC tidak hanya berfungsi sebagai pengendali sistem kerja dalam sebuah mesin, melainkan PLC juga mampu untuk berkomunikasi dengan berbagai device lain salah satunya adalah HMI (Human Machine Interface). Komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan PLC ke HMI umumnya menggunakan serial RS232, RS485 atau komunikasi Ethernet.
Dalam dunia industri, HMI biasanya digunakan untuk menampilkan data sesuai dengan kebutuhan user, data tersebut diambil dari berbagai masukan kemudian diolah dengan berbagai parameter sebelum akhirnya data tersebut bisa ditampilkan dalam bentuk grafik, angka, prosentase, dan lain sebagainya. HMI menggunakan sistem layar sentuh sehingga selain untuk menampilkan data, HMI juga bisa berfungsi untuk mengantikan push button yang biasanya banyak terdapat pada panel kontrol, dengan menggunakan HMI panel kontrol jadi terlihat lebih sederhana dan minimalis
HMI, memiliki memori tersendiri untuk menyimpan program dan tampilan yang sudah di desain menggunakan software tersendiri, Dalam mendesain sebuah tampilan pada HMI anda hanya perlu membuka library yang ada pada software kemudian menempatkannya pada sebuah tampilan sesuai kebutuhan anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar